Loka Karya Bioteknologi Pertanian di Pan – Asia Farmers Exchange Program Edisi ke 17

PAN – Asia Farmers edisi ke 17 ini dihadiri oleh perwakilan Indonesia untuk belajar dari berbagi informasi bioteknologi pertanian antar negara. Indonesia diwaliki oleh Indra Rochmadi (Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan), Novianto (Biro Hukum Kementan), Amarilisa Kusuma (Sekretariat KKH), dan Agustine Christela Melviana (CropLife Indonesia). Indonesia (Ibu Amarilisa) turut membagikan informasi mengenai perkembangan bioteknologi pertanian di Indonesia saat ini.

Kunjungan dan belajar pemuliaan tanaman di UP Los Ba̱os (Filipina) Institut Pemuliaan Tanaman (UPLB-IPB). Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahui perkembangan Produk Bioteknologi Pertanian dan memperdalam mempelajari menghasilkan tanaman dengan varietas yang lebih unggul. Berbagai macam Produk Bioteknologi dan Hasil penelitiannya ditampilkan di UPLB РIPB Filipina. Kunjungan ke fasilitas Universitas Filipina (UPLB)-Institut Nasional Biologi Molekuler dan Bioteknologi (BIOTECH).


🌽✨ Kunjungan penuh inspirasi bersama petani jagung bioteknologi! Kami berkesempatan bertemu dan berdiskusi langsung dengan para petani yang telah merasakan manfaat dari teknologi ini.

Bapak Arnold S. Gracia (48 tahun), berhasil menyekolahkan anaknya hingga lulus menjadi seorang akuntan loh! Pak Arnold bercerita dengan minimnya potensi kehilangan hasil berkat jagung bioteknologi, maka beliau secara langsung mendapatkan peningkatan pendapatan yang digunakan untuk menyekolahkan anaknya hingga level strata 1. Sungguh luar biasa ya, inilah bukti nyata ketika teknologi pertanian bisa memberikan kebermanfaatan bagi petani! 👨‍🌾📚 #KisahSukses #PertanianModern

Kunjungan ke pabrik anggota CropLife membuka wawasan kami tentang proses produksi benih unggul, termasuk benih bioteknologi. Menakjubkan melihat inovasi yang mendukung ketahanan pangan!

Di hari terakhir loka karya, seluruh delegasi Indonesia mendapatkan pelatihan bagaimana mengkomunikasikan sains yang begitu rumit agar lebih mudah dimengerti oleh publik. Terdengar mudah namun pada praktiknya sangat sulit loh untuk menjelaskan bioteknologi kepada khalayak umum.

Semoga rangkaian kegiatan yang dihadiri oleh delegasi Indonesia di 17 Pan Asia Farmer Exchange ini pun dapat mempererat kolaborasi antar negara ASEAN untuk pertanian yang lebih berdikari!

Ayo kamu, jangan lupa lakukan kunjungan di akun-akun social media CropLife Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai edukasi dan inovasi teknologi pertanian di Indonesia.
Twitter : @croplifeindo
LinkedIn : Croplife Indonesia
Youtube : Croplife Indonesia
Facebook : Croplife Indonesia
Instagram : Croplife Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.